Penjualan sepeda motor Yamaha di Jawa Timur berhasil mencapai kisaran 35.000 unit per bulan. Dari jumlah itu, sekitar 35 persen merupakan penjualan sepeda motor matic Mio dan Mio Soul. “Respons masyarakat terhadap Yamaha matic memang luar biasa. Kami berharap respons tersebut akan semakin besar seiring dengan tren pasar,” kata Anwar Santoso, General Manager Sales PT Surya Timur Sakti Jatim, Kamis (11/9).
Penjualan sepeda motor Yamaha di Jawa Timur berhasil mencapai kisaran
35.000 unit per bulan. Dari jumlah itu, sekitar 35 persen merupakan
penjualan sepeda motor matic Mio dan Mio Soul.
“Respons masyarakat terhadap Yamaha matic memang luar biasa. Kami
berharap respons tersebut akan semakin besar seiring dengan tren
pasar,” kata Anwar Santoso, General Manager Sales PT Surya Timur Sakti
Jatim, Kamis (11/9).
Anwar menilai, bidikan segmen Yamaha Mio sudah tepat sasaran yaitu
konsumen muda. Ini terlihat dari permintaan sepeda motor yang hari ke
hari terus meningkat. Bahkan, saat ini produsen Yamaha kewalahan
memenuhi permintaan masyarakat.
Produksi satu buah sepeda motor yang hitungannya hanya per detik sudah
tidak lagi dapat mengikuti permintaan pasar. “Ini menjadi evaluasi bagi
Yamaha untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia,”
ucapnya.
Sedangkan Benny Benarto, Branch Manager Surabaya PT Surya Timur Sakti
Jatim dalam kunjungan ke redaksi Surya mengatakan, keberhasilan
pemasaran Yamaha Mio tidak lepas dari edukasi pasar yang cukup gencar
selama kurang lebih 2 tahun.
Awalnya, kata dia, masyarakat sama sekali tidak menyukai sepeda motor
ini karena dinilai kurang memenuhi selera berkendara. Bahkan, saat itu
dealer-dealer Yamaha juga banyak yang menolak memasarkan karena
dianggap akan sulit terjual.
Akan tetapi melalui edukasi pasar dengan meminjamkan Mio dan gratis BBM
selama seminggu penuh kepada pelajar SMA, sedikit demi sedikit
masyarakat mulai meminati produk ini. “Demikian juga dealer Yamaha yang
semula enggan menjual Mio, sekarang ini justru antri minta pengiriman.
Kondisi ini memang luar biasa,” ujar Benny, didampingi Bambang
Murtiroso, Marketing Support PT Surya Timur Sakti Jatim dan jajaran
manajemen lain.
Meski jenis matic banyak diminati, produk Yamaha lainnya juga tidak
kalah peminatnya. Seperti Yamaha Yupiter MX yang khusus membidik pangsa
pasar kawula muda. Buktinya, dari total penjualan Yamaha di Jatim,
sekitar 30 persen merupakan kontribusi dari Yupiter MX. Ke depan,
Yamaha akan fokus pada pasar Yupiter MX yang memiliki potensi cukup
besar. “Saat ini kami masih menyusun program untuk fokus pasar itu,”
tutur Benny. ... (http://www.surya.co.id)
Penjualan sepeda motor Yamaha di Jawa Timur berhasil mencapai kisaran
35.000 unit per bulan. Dari jumlah itu, sekitar 35 persen merupakan
penjualan sepeda motor matic Mio dan Mio Soul.
“Respons masyarakat terhadap Yamaha matic memang luar biasa. Kami
berharap respons tersebut akan semakin besar seiring dengan tren
pasar,” kata Anwar Santoso, General Manager Sales PT Surya Timur Sakti
Jatim, Kamis (11/9).
Anwar menilai, bidikan segmen Yamaha Mio sudah tepat sasaran yaitu
konsumen muda. Ini terlihat dari permintaan sepeda motor yang hari ke
hari terus meningkat. Bahkan, saat ini produsen Yamaha kewalahan
memenuhi permintaan masyarakat.
Produksi satu buah sepeda motor yang hitungannya hanya per detik sudah
tidak lagi dapat mengikuti permintaan pasar. “Ini menjadi evaluasi bagi
Yamaha untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia,”
ucapnya.
Sedangkan Benny Benarto, Branch Manager Surabaya PT Surya Timur Sakti
Jatim dalam kunjungan ke redaksi Surya mengatakan, keberhasilan
pemasaran Yamaha Mio tidak lepas dari edukasi pasar yang cukup gencar
selama kurang lebih 2 tahun.
Awalnya, kata dia, masyarakat sama sekali tidak menyukai sepeda motor
ini karena dinilai kurang memenuhi selera berkendara. Bahkan, saat itu
dealer-dealer Yamaha juga banyak yang menolak memasarkan karena
dianggap akan sulit terjual.
Akan tetapi melalui edukasi pasar dengan meminjamkan Mio dan gratis BBM
selama seminggu penuh kepada pelajar SMA, sedikit demi sedikit
masyarakat mulai meminati produk ini. “Demikian juga dealer Yamaha yang
semula enggan menjual Mio, sekarang ini justru antri minta pengiriman.
Kondisi ini memang luar biasa,” ujar Benny, didampingi Bambang
Murtiroso, Marketing Support PT Surya Timur Sakti Jatim dan jajaran
manajemen lain.
Meski jenis matic banyak diminati, produk Yamaha lainnya juga tidak
kalah peminatnya. Seperti Yamaha Yupiter MX yang khusus membidik pangsa
pasar kawula muda. Buktinya, dari total penjualan Yamaha di Jatim,
sekitar 30 persen merupakan kontribusi dari Yupiter MX. Ke depan,
Yamaha akan fokus pada pasar Yupiter MX yang memiliki potensi cukup
besar. “Saat ini kami masih menyusun program untuk fokus pasar itu,”
tutur Benny. ... (http://www.surya.co.id)